Fake Mentor Indonesia, Siapakah Dia?

Siapakah sosok fake mentor Indonesia sebenarnya?

Saat tulisan ini di publish sedang ramai perbincangkan di sosial media Instagram tentang apa itu Fake Mentor. Diantara banyak yang membicarakan hal ini, salah satunya adalah sosok praktisi dan master di bidang digital marketing yaitu Denny Santoso justru membahas istilah Fake Mentor tersebut di Instagram & YouTube pribadinya dan menjadi menjadi sorotan serius para netizen.

Apa Itu Fake Mentor Indonesia?

Sebenarnya istilah fake mentor berasal dari bahasa Inggris yang dapat di artikan yaitu “guru palsu” alias mentor abal-abal. Tentu topik ini sangat menarik dan menjadi sorotan terutama bagi orang-orang yang antusias untuk mempelajari sesuatu agar mereka tidak ‘membeli kucing dalam karung’ alias mendapatkan sosok mentor yang ‘fake’.

Di era yang serba digital ini, maka banyak sekali pembelajaran secara daring yang di selenggarakan, hal ini yang membuat banyak orang bingung kira-kira harus belajar dengan sosok siapa?

Menanggapi hal ini, tentu yang berperan penting adalah diri Anda sendiri, karena Andalah yang punya keputusan untuk berguru dengan siapa. Maka jangan terkecoh dengan rayuan maupun janji manis saat Anda di tawari untuk bergabung dengan programnya.

Fake Mentor Adalah Penjual Ludah?

Istilah penjual ludah memang lebih dulu santer dibanding munculnya fake mentor Indonesia belakangan ini, biasanya istilah penjual ludah sering di asosiasikan kepada para mentor, guru, coach, trainer, dsb. Mereka para mentor yang dibayar mahal hanya bermodal ngomong doang alias ‘jual ludah’

Sebenarnya istilah penjual ludah itu sah-sah saja selama memang benar-benar mendatangkan manfaat bagi diri sendiri maupun perkembangan bisnis Anda secara langsung.

Namun ada hal penting yang harus menjadi catatan penting, yaitu kenali dulu siapa sosok mentor tersebut seperti:

  • Kredibilitasnya
  • Personalitinya
  • Skill atau keahlian
  • Certified di bidang apa?
  • Valuenya apa?
  • Jam terbangnya bagaimana?

Dengan mengetahui poin diatas, tentu akan membuat Anda sedikit repot karena harus riset dulu, tapi ini justru lebih baik dari pada Anda korbankan waktu dan uang untuk beli ‘kucing dalam karung’.

Sehingga Anda bisa belajar dengan guru yang tepat dan bukan kepada Fake Mentor.

fake mentor indonesia

Bagaimana Cara Memilih Mentor?

Pembahasan ini bisa jadi panjang, tapi kami jabarkan secara mendasar agar Anda paham dan tidak salah pilih mentor. Ciri-ciri mentor asli alias The Real Mentor adalah mampu membawa perubahan dalam bisnis maupun pribadi Anda.

Coba bayangkan, jika saat mentor tersebut membawakan materi dan Anda serius mempelajarinya, tentu hasil yang di dapat akan berdampak untuk kedepannya. Beda halnya Anda setengah-setengah saat mempelajari, maka hasil yang di dapat akan biasa-biasa saja dan anehnya Anda menganggap Si mentor tersebut kurang berkompeten alias kurang nampol. Bisa jadi karena faktor Anda sendiri yang kurang konsen saat belajar atau tidak ‘mengosongkan gelas’ saat belajar.

  • Berdasarkan pengalaman

Mentor yang baik juga di lihat bagaimana cara Ia mempraktekkan ilmunya dan hasil praktek yang Ia lakukan. Kami yakin Anda bisa rasakan sendiri mana mentor yang hanya omong doang dengan mentor yang menjelaskan berdasarkan pengalaman itu beda banget cara ngomongnya. Jadi Anda harus jeli ya

 

  • Bisa Mengajar Dengan Baik

Nah, ini juga menjadi poin yang penting dan baik. Di luar sana banyak para ahli yang memiliki jam terbang tak tertandingi, namun sayangnya banyak di antara mereka yang ‘gagap ngajar’ alias susah mengutarakan atau menjabarkan ilmunya dengan baik. Gampangnya adalah bagaimana seorang mentor mampu menuyusun silabus dengan baik atau design learning dengan rapi sehingga ilmunya mudah di pahami dan di transfer kepada orang awam sekalipun.

 

  • Landasan Materi

Ini menjadi hal yang utama, karena bagaimanapun juga seorang mentor yang hebat pasti punya sosok guru besar di dalam kehidupannya. Jadi ketika seorang mentor menyampaikan ilmu kepada Anda, pastikan Ia juga menjelaskan dasar teorinya dan sumbernya, ini menjadi penting agar garis keturunan ilmunya itu jelas dan tidak ngambang. Biasanya salah satu caranya kita bisa lihat dari certified apa yang Ia raih atau setidaknya mentor tersebut pernah cerita Ia pernah belajar dimana.

Informasi ini juga bisa Anda dapatkan ketika mengikuti workshop offline, biasanya mentor tersebut diawal-awal akan menampilkan profilnya melalui slide presentasi, nah Anda bisa pahami profilnya dengan baik.

Nah, itu lah sekelumit pembahasan mengenai Fake Mentor Indonesia yang menjadi sorotan akhir-akhir ini. Saran kami berpikirlah yang positif, karena sejatinya tidak semua mentor di luar sana itu “fake”. Nyatanya banyak mentor, trainer maupun coach yang benar-benar membawa perubahan positif bagi muridnya.

Justru poin utama adalah pada diri Anda sendiri. Jangan-jangan selama ini Anda menganggap mentor yang selama ini membimbing Anda itu kurang memuaskan dan tidak berdampak, padahal justru Anda sendiri yang tidak mempraktekkan ilmunya dengan baik dan maksimal untuk kemajuan diri Anda, coba cek dan sadari yaa.

INGAT! Mentor adalah salah satu orang yang mau membuang waktunya untuk mengurusi hidup orang lain dan salah satunya adalah mengurus kemajuan hidup Anda, karena itu hargailah pengalamannya, ilmunya dan trial error-nya, karena mereka (mentor) punya tujuan yang baik yaitu membawa dan membimbing diri Anda ke arah yang lebih baik tanpa harus melewati lika-liku yang mereka alami.

Jadilah Pembelajar Yang Baik Dan Cerdas!!

 

Salam Sugesti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − two =